Nyeri saat kencing kenapa ya

Nyeri saat kencing kenapa ya

Nyeri saat kencing kenapa ya - Banyak orang menyepelekan nyeri ketika buang air kecil, jika yang dirasakan cuma sebentar dan kembali normal memang tidak masalah. Namun apa yang terjadi jika nyeri ketika berkemih berkepanjangan terus menerus pastinya akan mengganggu dan tidak nyaman dalam menjalankan aktifitas. Lalu kenapa bisa terjadi nyeri ketika kencing? Banyak faktor yang dapat menyebabkan nyeri ketika berkemih berikut adalah penyebab nyeri ketika berkemih.



Nyeri saat buang air kecil atau juga disebut disuria, adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan yang berhubungan dengan buang air kecil. Kondisi ini tidak mengacu pada frekuensi buang air kecil, meskipun gangguan frekuensi buang air kecil sering disertai dengan disuria. Semua orang, baik pria dan wanita, serta dewasa dan anak-anak, dapat mengalami nyeri saat buang air kecil. Namun, biasanya hal ini lebih sering terjadi pada wanita, karena disuria berkaitan dengan infeksi saluran kemih yang lebih sering menyerang wanita daripada pria. Wanita hamil, penderita diabetes, dan penderita penyakit kandung kemih memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami disuria.

Gejala disuria juga bervariasi antara pria dan wanita, namun biasanya keduanya mengalami rasa nyeri seperti terbakar, pedih, atau gatal-gatal. Rasa sakit pada awal buang air kecil seringnya diakibatkan oleh infeksi saluran kemih, sedangkan rasa sakit di akhir buang air kecil dapat menunjukkan kandung kemih atau prostat.

Penyebab nyeri saat buang air kecil sangat beragam. Menurut George Krucik, MD, ada 34 kondisi yang bisa menjadi penyebab disuria. Namun, kita akan membahas 10 penyebab disuria yang paling utama.

1. Urinary tract infection (infeksi saluran kemih)
Urinary tract infection (UTI) alias infeksi saluran kemih adalah infeksi di bagian manapun dari sistem kemih Anda seperti ginjal, saluran kemih, kandung kemih, dan uretra. Kebanyakan UTI melibatkan saluran kemih bawah seperti kandung kemih dan uretra. Perempuan lebih berisiko terkena UTI dibandingkan pria. Infeksi yang terbatas di kandung kemih Anda dapat mengganggu dan menyakitkan. Jika UTI menyebar ke ginjal, maka akan menyebabkan kondisi serius.

2. Batu kandung kemih
Batu kandung kemih adalah gumpalan mineral keras dalam kandung kemih. Batu kandung kemih berkembang ketika urin di kandung kemih Anda mengkristal. Hal ini dapat terjadi ketika Anda tidak mampu mengosongkan kandung kemih Anda sepenuhnya saat buang air kecil.

3. Batu ginjal
Batu ginjal (litiasis ginjal, nefrolitiasis) adalah deposit mineral kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu-batu yang terbuat dari mineral dan asam garam ini memiliki banyak pengaruh terhadap setiap bagian saluran kemih Anda. Sering kali batu terbentuk ketika urin terkonsentrasi dan memungkinkan mineral mengkristal dan melekat satu sama lain.  


4.  Infeksi klamidia
Klamidia adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umunya disebabkan oleh bakteri. Biasanya infeksi klamidia tidak memiliki gejala luar pada tahap awal, namun klamidia dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tahap selanjutnya, termasuk mencegah wanita untuk hamil, dan membahayakan kehamilan.

5. Prostatitis
Prostatitis adalah pembengkakan dan peradangan pada kelenjar prostat (sebuah kelenjar yang berukuran seperti biji kenari yang terletak tepat di bawah kandung kemih pada pria. Kelenjar prostat menghasilkan cairan (air mani) yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma. Prostatitis sering menyebabkan nyeri dan sulit buang air kecil. Gejala lain prostatitis ialah nyeri di selangkangan, daerah panggul, atau alat kelamin yang terkadang disertai gejala seperti flu.

6. Vaginitis
Vaginitis adalah peradangan vagina yang menyebabkan gatal dan nyeri saat buang air kecil. Penyebabnya biasanya akibat perubahan keseimbangan bakteria vagina atau infeksi vagina. Vaginitis juga dapat disebabkan oleh berkurangnya estrogen setelah menopause. Tipe vaginitis yang paling umum adalah vaginosis bakteri, infeksi ragi, trichomoniasis, dan artofi vagina.

7. Herpes genital
Herpes genital adalah infeksi menular seksual (IMS) umum yang mempengaruhi pria dan wanita. Gejala herpes genital biasanya termasuk rasa sakit, gatal, dan luka di daerah genital Anda yang disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks (HSV).

Dilansir Step to health, Rabu (17/1/2018), salah satu cara mengatasi infeksi saluran kencing yaitu menggunakan obat herbal. 

1. Cranberry, Semangka, dan Ceri

Jus diuretik campuran buah-buahan segar ini mengandung vitamin dan mineral yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Senyawa ini dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan mengendalikan peradangan. 

2. Soda kue

Salah satu bahan pembuat kue ini dipercaya ampuh dalam mengatur kadar pH urine. Soda kue bersifat basa dan mengandung antimikroba. Anda dapat mencampurkan bahan ini dengan segelas air mineral, sehingga infeksi saluran kencing pun dapat diatasi.


3. Air kelapa dan lemon

Campuran minuman segar ini mengandung senyawa yang dapat memperkuat pertahanan tubuh. Senyawa yang terkandung dalam air kelapa dan lemon juga dipercaya dapat mengubah lingkungan yang digunakan bakteri dan virus untuk bereproduksi. Sifat diuretik dalam minuman ini dapat meningkatkan produksi urine, sehingga saluran kencing menjadi bersih.

4. Benih seledri

Benih sayuran hijau ini dipercaya memiliki antioksidan, vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Kandungan tersebut dipercaya membantu mengobati infeksi saluran kencing. Senyawa diuretik yang terdapat pada benih seledri dapat meningkatkan produksi urin, sehingga kandung kemih dan saluran kencing pun menjadi bersih.

5. Birch

Birch dipercaya memiliki zat yang dikenal dengan sebutan betulin. Senyawa ini berkhasiat sebagai antiseptik dan anti inflamasi. Birch pun mengandung banyak vitamin C, minyak esensial dan flavonoid. Kandungan tersebut dapat menyerap racun dan mempermudah pengendalian kandung kemih serta saluran kencing.

Obat Herbal Penyakit Kelamin


Harga Obat Rp 295.000


Gang Jie dan Gho Siah : Merupakan obat herbal yang sangat bagus untuk pengobatan Infeksi saluran kemih (ISK). Tanpa perlu takut adanya efek samping karena murni terbuat dari bahan alami pilihan yang dikembangkan oleh de nature indonesia. Tuntas dan cepat mengobati Infeksi saluran kemih (ISK), dalam waktu 4-7 hari. Infeksi saluran kemih (ISK) ini tidak tersedia di apotik.

Khasiat Infeksi saluran kemih (ISK) Gang Jie Dan Gho Siah:
*Sebagai Antivirus
*Mengobati Saluran Kencing
*Untuk memulihkan Stamina
*Memperbaiki Jaringan sel pada bagian Uretric
*Menjaga Kesehatan
*Bisa dikonsumsi baik pria maupun wanita

Aturan Minum Obat Gang Jie Dan Gho Siah :
*Ada 2 botol obat minum, masing-masing isinya 50 kapsul
*Kapsul Gang Jie diminum 2×3 sehari
*Kapsul Gho Siah diminum 2×3 sehari
*Diminum pagi, siang dan malam hari

UNTUK KONSULTASI DAN PEMESANAN HUBUNGI
0877 2451 6111 / 0821 3861 5111
WhatSApp : 0821 3861 5111




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top